Konsep Podcasting
Definisi dan Manfaat penggunaan Podcasting
Definisi
serangkaian berkas media digital (baik audio maupun video) yang
diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui penyalur-sedia web (web syndication). Kata ‘podcast’
menelantarkan istilah ‘webcast’ dalam bahasa sehari-hari, karena
meningkatnya kegemaran iPod dan pasokan web (web feed).
Manfaat Penggunaan Podcasting
(1) Meningkatkan visibilitas situs Anda
Audiens target Anda akan dapat menemukan
situs Anda lebih mudah ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast
yang tersedia. Visibilitas untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian
pula, mesin pencari akan dapat menemukan podcast Anda lebih mudah juga.
(2) Menyediakan alat komunikasi bisnis
yang efektif
Salah satu manfaat penting dari
Podcasting adalah kenyataan bahwa itu benar-benar menyediakan alat komunikasi
tambahan untuk bisnis online Anda. Orang-orang akan datang untuk tahu tentang
situs Anda. Apa yang telah ditulis dan ditawarkan di situs Anda akan bisa
mendapatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli di bidang Anda.
(3) Memberikan kesempatan untuk
memberikan nilai tambah menawarkan
Podcasting memungkinkan Anda untuk
memberikan nilai tambah menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan
kepentingan pembaca dan pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan
tawaran ini. Mereka dapat kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan
Hot Tips untuk minggu ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam
perdagangan opsi.
(4) Menyediakan retensi memori yang
lebih baik
Podcasting melibatkan melihat, mendengar
dan mengalami. Jika digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori
sekitar 75% untuk rata-rata orang. Ini menyimpulkan bahwa pesan audio pasti
lebih berkesan dari hanya teks biasa. Retensi memori adalah salah satu manfaat
lebih penting bisa Anda dapatkan dari Podcasting.
(5) Menyediakan kemudahan penggunaan
Podcast Anda dapat dengan mudah diputar
pada pemutar MP3 portabel. Orang akan dapat mendengarkan podcast Anda di mana
saja dan kapan saja. Podcasting membuat mendengarkan pesan Anda begitu mudah,
tanpa rewel.
(6) Memberikan kesempatan untuk
peningkatan lalu lintas
Jika podcast Anda berisi konten yang
besar, mereka akan mengarahkan lalu lintas ke situs Web Anda. Hal ini akan
menciptakan dampak pada penjualan Anda dan garis bawah. Konten Anda juga harus
informatif, menarik, dan harus selalu menyediakan nilai nyata bagi pendengar
Anda. Melalui Podcasting, Anda juga dapat berkomunikasi dengan audiens target
Anda.
Podcasting adalah trend komunikasi
terbaru dengan pemasar di web. Ia menawarkan jangkauan menguntungkan untuk
jutaan pendengar yang pelanggan potensial. Kemungkinan pemasaran banyak.
Podcasting adalah sekarang rute emas untuk memilih, dan tidak harus dibiarkan
keluar sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi.
Komponen Podcasting
File
audio : Suatu file dimana isinya berupa suatu suara(audio) yang hanya bisa
dibuka dengan media.
RSS FEED : Sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan(diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.
RSS FEED : Sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan(diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.
Pada dasarnya setiap orang yang memiliki komputer dan akses ke Internet
dapat turut berpartisipasi menyajikan konten untuk layanan podcast. Anda dapat
merekam suara, lagu, puisi, pidato, ceramah, kultum, atau bahkan khotbah,
kemudian menyimpannya dalam format MP3 dan meng-upload-nya ke salah satu
website podcast yang ada. Selanjutnya biarkan orang lain yang tertarik dengan
konten buatan Anda untuk men-download dan mendengarkannya di komputer atau MP3
player mereka.
Sedangkan untuk mendengarkan siaran podcast dari orang lain, Anda dapat masuk ke salah satu website podcast, men-download freeware untuk podcasting yang mereka sediakan (seperti iPodder atau iTunes), dan meng-install-nya di komputer. Selanjutnya, dari aplikasi tersebut Anda dapat mengklik hyperlink untuk mendengarkan konten podcast yang diinginkan. Anda dapat mendengarkannya langsung dari komputer, atau men-download-nya ke dalam MP3 player.
Model Penyebaran Cara Berlangganan Broadcasting
Model penyebaran podcasting biasanya dengan cara mendownload dan kita juga bisa berlangganan untuk mendapatkannya. Salah satu contoh cara berlangganan podcasting :
Langkah-langkah untuk menggunakan podcasting dengan iTunes adalah:
Sedangkan untuk mendengarkan siaran podcast dari orang lain, Anda dapat masuk ke salah satu website podcast, men-download freeware untuk podcasting yang mereka sediakan (seperti iPodder atau iTunes), dan meng-install-nya di komputer. Selanjutnya, dari aplikasi tersebut Anda dapat mengklik hyperlink untuk mendengarkan konten podcast yang diinginkan. Anda dapat mendengarkannya langsung dari komputer, atau men-download-nya ke dalam MP3 player.
Model Penyebaran Cara Berlangganan Broadcasting
Model penyebaran podcasting biasanya dengan cara mendownload dan kita juga bisa berlangganan untuk mendapatkannya. Salah satu contoh cara berlangganan podcasting :
Langkah-langkah untuk menggunakan podcasting dengan iTunes adalah:
·
Download software iTunes dari alamat
http://www.apple.com/itunes/download/ dan kemudian install di komputer Anda.
·
Setelah
diinstall, jalankan program iTunes. Di sebelah kiri terdapat sebuah panel
bernama Source yang berisi sekumpulan item. Salah satu item yang terdapat di
panel Source tersebut adalah Podcasts.
·
Klik
Podcasts di panel Source, maka tampilan di panel kanan akan berubah untuk
menunjukkan daftar podcast langganan Anda. Saat ini daftar tersebut masih
kosong.
·
Untuk
berlangganan podcast, Anda dapat mencari podcast-podcast yang sesuai dengan
keinginan Anda di Podcast Directory iTunes. Untuk masuk ke Podcast Directory
iTunes, klik label Podcast Directory yang terdapat di sebelah bawah daftar
podcast. Untuk langkah ini komputer Anda harus terkoneksi dengan Internet.
·
Di Podcast
Directory, terdapat banyak pilihan podcast. Podcast-podcast yang populer
ditampilkan langsung di halaman utama. Anda juga dapat mencari podcast yang
Anda inginkan dengan memanfaatkan kotak pencarian yang terdapat di bagian atas
Podcast Directory. Selain itu, di bagian kiri terdapat daftar kategori dari
berbagai podcast yang tersedia. Anda dapat mengklik suatu kategori untuk
melihat podcast-podcast yang terdapat di dalam kategori tersebut. Sampai saat
post ini ditulis, terdapat lebih dari 6000 podcast yang terdaftar di Podcast
Directory iTunes.
· Setelah menemukan podcast yang Anda inginkan, klik nama podcast tersebut untuk memunculkan keterangan lengkap tentang podcast tersebut beserta tombol Subscribe. Selanjutnya klik tombol Subscribe itu untuk berlangganan podcast yang bersangkutan. Langkah ini dapat diulangi untuk podcast-podcast lain yang Anda inginkan.
· Sekarang klik kembali item Podcast di panel Source untuk masuk ke daftar podcast langganan Anda. Podcast yang Anda pilih tadi telah muncul di daftar tersebut.
· Untuk mengupdate podcast langganan Anda, klik tombol Update yang terdapat di bagian kanan atas. Selanjutnya iTunes akan secara otomatis men-download-kan episode terbaru dari semua podcast langganan Anda. iTunes juga akan menampilkan daftar episode-episode yang lebih lama.
· Setelah di-download, Anda bisa men-dobel-klik nama episode tersebut untuk memainkannya. Episode-episode yang lebih lama juga bisa di-download dengan menekan tombol Get yang terdapat di sebelah kanan nama episode tersebut.
· Selanjutnya iTunes akan secara otomatis meng-update semua podcast langganan Anda setiap hari. Anda bisa mengatur konfigurasi podcasting di iTunes melalui menu Edit | Preferences pada tab Podcasting.
id.wikipedia.org/wiki/Siniar
KONSEP
RSS
Definis
RSS
RSS merupakan
kependekan dari Really Simple Syndication. Sedangkan ditinjau dari
pengertiannya RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah
digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.
Sejarah RSS
Format web feed yang banyak digunakan adalah RSS dan Atom. RSS digunakan oleh layanan engine CMS seperti wordpress, sementara Atom digunakan penyedia blog seperti blogger dan Gmail, milik google.
Berdasarkan sejarahnya, RSS pertama kali digunakan oleh pembuat browser Netscape pada tahun 1999 yang mendefinisikannya sebagai RDF Site Summary, yang kemudian dikenal dengan RSS versi 0.9. Lalu muncul RSS 1.0 dan merubah akronim RSS menjadiRich Site Summary. Terakhir, muncul RSS 2.0 pada september 2003 yang mempopulerkan istilah Really Simple Syndication sebagai definisi RSS. Sementara format Atom muncul pada Desember 2003 sebagai bentuk lain dari banyaknya versi dan definisi RSS yang beredar.
RSS Feed dan RSS Reader dan Manfaat RSS
RSS Feed adalah suatu format data
yang digunakan untuk melayani isi yang sering diperbaharui. Distributor isi
mensindikasikan suatu umpan web dan mengizinkan para pengguna untuk
berlangganan. Membuat suatu koleksi umpan web yang tersedia pada satu tempat
dikenal sebagai agregasi, yang dilakukan oleh agregator (disebut juga pembaca
umpan atau pembaca berita).
RSS Reader adalah aplikasi yang digunakan untuk membaca RSS daru sebuah
website. cara membaca RSS suatu website adalah, anda masukkan alamat feed
website tersebut, lalu RSS akan mengambil RSS dari feed website tersebut.
Setiap kali web tersebut di update, versi RSSnya akan disediakan oleh feed, dan
akan diambil oleh RSS reader anda.
Berikut ini 10 manfaat dan kelebihan RSS:
Menjalin
hubungan lebih erat dengan pelanggan. Pelanggan yang
mendaftar RSS anda akan terus mendapatkan informasi terkini mengenai bisnis
anda.
Hasilkan
lebih banyak traffik. Memanfaatkan RSS akan menghasilkan lebih banyak
traffik buat anda.
Jaminan
konten sampai. Beda dengan email marketing yang kadang tak sampai 100% berhasil masuk ke email
pelanggan, menggunakan RSS pasti sampai ke alat RSS mereka.
Pengunjung
mudah mensubscribe. Mendaftar di RSS sangat mudah. Pengunjung tak repot
untuk melakukannya.
Menerbitkan
konten sangat mudah. Update konten terbaru akan sampai di RSS reader
pembaca.
Mudah
menyebar di internet. Melalui RSS, konten dan berita dari website anda mudah
tersebar secara luas di internet.
Membuat
pengunjung datang lagi. Pengunjung yang baru pertama kali datang ke website
atau blog anda, setelah mendaftar di RSS, besar kemungkinan akan datang
kembali.
Membentuk
target kontak tertarget. Secara otomatis, mereka yang tak tertarik dengan
konten anda tak akan mendaftar. Sebaliknya mereka yang tertarik akan mendaftar.
Tempat
iklan. Sekalipun perkembangan iklan di RSS tak sekencang di
tempat lainnya, namun tak menutup kemungkinan nantinya akan menjadi salah satu
alternatif utama beriklan.
Melihat
kebiasaan pengunjung. Melalui RSS juga bisa dilacak bagaimana
kebiasaan pelanggan RSS anda. seberapa sering membaca dan mengklik link konten
anda melalui feed.
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)